Hubungi   (0717) 421303   henri@ubb.ac.id

Selayang Pandang


Program Studi Biologi Universitas Bangka Belitung berdiri pada tahun 2006, seiring meningkatnya laju pertambangan, terutama pertambangan timah, Tingginya laju kerusakan lingkungan akibat pertambangan timah dan banyaknya potensi hayati yang belum tergarap dengan baik menjadi latar belakang pendirian Program Studi Biologi.

Memperhatikan masalah pemulihan lahan pasca tambang timah di provinsi ini, maka diperlukan upaya konservasi keanekargaman hayati dan pengolalaan sumberdaya hayati termasuk upaya pencarian plasma nutfah yang bernilai ekonomi di era pasca tambang baik tambang didarat maupun di laut. Upaya ini tentu membutuhkan penelitian yang mampu dan terampil bekerja pada bidang biologi sains.

Program Studi Biologi mulai merintis eksistensinya di bawah koordinasi Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi, dengan terbitnya SK Menteri Pendidikan Nasional melalui Dirjen Pendidikan Tinggi No. 52/D/O/2006 tanggal 12 April 2006. Seiring dengan penegerian Universitas Bangka Belitung pada tahun 2010, Program Studi Biologi semakin berusaha meningkatkan potensi diri terbukti pada tahun 2015 sebagai program studi pertama di Universitas Bangka Belitung yang mendapatkan akreditasi "B" berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 004/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2015.