Hubungi   (0717) 421303   biologi@ubb.ac.id

Selamat Datang


Sambutan Ketua Program Studi Biologi UBB

Dr. Rahmad Lingga, S.Si.,M.Si

Terbitnya SK Menteri Pendidikan Nasional melalui Dirjen Pendidikan Tinggi No. 52/D/O/2006 tanggal 12 April 2006 menjadi awal bagi Program Studi Biologi yang berada di bawah Koordinasi Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi untuk berkontribusi dalam pembangunan yang berkelanjutan di Prov. Kepulauan Bangka Belitung. Kepulauan Bangka Belitung merupakan gugusan dua Pulau yaitu Pulau bangka dan Pulau Belitung dengan puluhan pulau-pulau kecil disekelilingnya. Kondisi biofisik provinsi relatif miskin hara, pH masam dan keanekaragaman hayati yang rendah. Selain itu, aktivitas penambangan timah telah meningkatkan kerusakan lingkungan dan menurunkan keanekaragaman hayati. 

Pemulihan lahan pasca tambang timah, konservasi keanekaragaman hayati dan pengelolaan sumber daya hayati dapat dilakukan untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan di Provinsi ini. Ketiga fokus kegiatan tersebut  memerlukan keterampilan dalam bidang Biologi Sains. Semenjak Program Studi Biologi berdiri, berbagai penelitian telah dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa dan telah berhasil mengungkap berbagai keunggulan lokal Provinsi ini. Keunggulan lokal tersebut masih belum tergarap dengan baik dan memerlukan pengembangan lebih lanjut agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di era pasca timah.

Program studi biologi terus  melakukan berbagai upaya  untuk memberikan yang terbaik dalam penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi. Sejak tanggal 3 November 2020, Program Studi Biologi menjadi Program Studi pertama di lingkup Universitas Bangka Belitung yang mendapatkan Peringkat Akreditasi "BAIK SEKALI" berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 6900/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2020. Peringkat yang telah diraih tersebut menjadi semangat baru bagi Program Studi Biologi untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi sehingga dapat mencapai peringkat unggul dimasa yang akan datang.